Selasa, 18 Oktober 2011

Ayo menghitam di Bali!

Halo pembaca iseng,
Sudah berapa dasawarsa kita tak bersua?

Hari ini Selasa, 18 Oktober 2011, gue masih berleyeh-leyeh di kamar setelah beberapa hari sebelumnya berlibur di Bali, jatah cuti block leave 5hari berturut-turut akan segera expire hari ini. Badan cape tapi keinginan untuk nulis lagi membuncah dan menggelinjang #stensilan, jadinya gue bela-belain mikir kembali apa yg udh kejadian kemaren-kemaren.

Trip gembel gue kali ini berbekal tiket low fare airlines sejuta umat di Indonesia yakni tiket Air Asia yg udah dibeli dari November 2010, jadi rencana block leave pun udah disiapin dari jauh-jauh hari walopun di kantor sempet terancam gak bisa cuti karena lagi ribetnya kerjaan di kuartal tiga tapi berkat kegigihan, kerja keras dan jiwa patriotisme yg tinggi akhirnya cuti gue disetujui. Alhamdulilah yah..

Rencana trip kali ini berawal dari sahabat sekaligus mbah Diosnardo yg keukueh dan gigih ngebujukin beli tiket dari taon kemaren, teman yg berhasil saya yakinkan adalah Pritha, namun karna doi pindah kerjaan baru alhasil gak bisa cuti dan tiket yg sudah dibeli pun hangus percuma. Mbah Dios ternyata berhasil juga meyakinkan Dave untuk ikutan trip kali ini, dan Dave berhasil meyakinkan temennya Herry, dan akhirnya ribet dah ini obrolan saling meyakinkan begini. Pokoknya intinya yg jadi pergi cuman gue, Dios dan Dave, minus Pritha & Herry. Berhubung kita bookingnya berbeda maka gue dapet tiket keberangkatan sehari lebih cepat dari bookingan Dios dkk, saat itu asumsi gue ya gak papa lah pergi bareng Pritha ini dan yg lainnya nyusul. Sayangnya asumsi tinggal asumsi, kejadian nya gue berangkat sendirian dan Dios & Dave nyusul di hari kedua.

Tiket oke, hampir setaon gue ga buka email untuk ngecek jam keberangkatan sampe kira-kira H-7, maka mulailah gue kelimpungan cari info penginapan, browsing sana sini dan tanya ke temen-temen, sayangnya informasi dari internet pun kurang tersedia untuk low budget hotel, Bali yg sudah sekomersil dan seterkenal itu di dunia turis gak punya yg namanya Hostel dgn dormitory bed roomnya, rata-rata advise temen adalah datengin langsung aja hotel-hotel yg di daerah Poppys Lane toh gue pegi bukan saat high season jadi harusnya hotel-hotel itu available. Masuk akal!

Day 1
Flight CGK-DPS pukul 16.50 WIB tapi berhubung gue takut telat, pukul 15.00 gue udh ngendon sendirian di Papa Beard Terminal 3 Soekarno Hatta, udh dtgnya kecepetan ealah ditambah delay 25 menit pula. Tiba di Ngurah Rai pukul 19.20 WITA, udh gelap dan gue clueless. Cari taxi di konter yg khusus untuk order taxi, dikenain 60rb utk rute Airport - Legian, awalnya gue pikir ini ongkos taxi nya udh murah ternyata dari airport ke Poppys Legian normalnya ga sampe 30rb, susah emang pengelolaan taxi disana, yg bisa mengantarkan orang dari airport hanya taxi yg ditunjuk jd jgn harap ada si burung biru yg terkenal atau taxi-taxi lainnya. Si Blih supir taxi yg mengantarkan gue orangnya cukup ramah dan komunikatif, terbukti dgn menawarkan "perempuan" di sela pembicaraan kami dan gue pun berkata "Iya boleh blih, nanti tagihannya saya kirim pake wesel!!" gumam gue sembari ngakak dalam hati. Tiba di Poppys Lane 2 pukul 20.00 WITA dan ekspresi gue pertama kali diturunin dari mobil bak PSK abis dipake, cengo bego dgn tampang lusuh sembari berujar dalam hati "kamprettt nyari penginepan dmn nih?".

Hotel Kubu (IDR 200K/night fan + breakfast)
Daripada gue makin cengo dan ditawar bule-bule yg bertebaran tanpa baju lengkap di sekitaran situ gue mutusin untuk nyusurin lorong kecil pas depan tempat gue berdiri, masuk kedalam makin ga lengkap baju-baju bule itu dan gue pun ikutan ga pake baju *ngareeepppp*, intuisi gue ketika mencari penginepan adalah harus penginapan yg terlihat beradab dan bukan penginapan esek-esek, gue pun berhasil menemukan Hotel Kubu dgn design minimalis dan disambut oleh penjaganya yg ramah, ga gitu buruk pencarian penginapan ini dan gue baru nyadar ini hotel nama jalannya adalah Gang Sorga. Yes, i was in the right place! I'm in heaven now, where are my angels?
Selesai mandi, gue mutusin untuk jalan-jalan di sekitaran hotel, cari tempat makan yg halal agak susah disini dan gue pun berakhir di KFC dan dilanjutkan ke warnet terdekat sblm kembali ke hotel. Hal ini gue critain ke salah satu temen lewat BBM dan gue berakhir diketawatin dan dikata-katain. Sekian hari pertama.

Day 2
Hari ini gue mutusin bangun pagi-pagi dan buru-buru ngesot ke Kuta, pagi di Kuta menyenangkan, pantai sejuta umat itu berubah menjadi pantai yg ga begitu rame di jam 7 pagi, diduga wisatawan-wisatawan yg biasanya memenuhi pantai ini msh hangover dan pasti bangun siang, aktifitas pagi disini cukup beragam, byk pengunjung yg jogging tentunya didominasi oleh bule, yg jalan kaki atau sekedar duduk dan mengamati pemandangan kyk gue. Berhubung Dios & Dave akan tiba malam harinya, selesai dari Kuta, gue nyari penginapan baru dgn tarif yg lebih murah. Berhasil book untuk Hotel Ronta yg berlokasi di gang sebelah dari Hotel Kubu, walaupun hotel ini tampak lebih tua dgn fasilitas yg seadanya tapi suasananya jauh lebih homey dan nyaman.
Hotel Ronta (IDR 250K/night utk 3 org termasuk AC + breakfast)
Setelah check out dari Hotel Kubu, gue pun check in ke hotel ini, meletakkan tas dan barang-barang, pas ketika gue hendak rebahan, tiba-tiba gue merasa kok gue kyk diserang vertigo, semuanya bergoyang, gue pun bangun, berdiri, dan seperti disetrum otak gue langsung nyuruh gue utk kabur secepatnya dari kamar lantai 1 yg ada di pojokan hotel ini dgn blackberry yg lgsg gue comot dari atas meja. Bali dilanda GEMPA!! Dgn dengkul gemeteran dan muka yg pucat pasi, gue masih sempet-sempetnya balik ke pintu buat ngunci kamar baru kemudian lari lagi ke depan, kaca-kaca berderit dan ada org yg teriak tsunami, makin pucat lah muka gue. Semua org lari ke depan jalan, hal selanjutnya adalah blackberry gue ga berhenti berbunyi, berita skrg cepat sekali tersebar, banyak temen yg nanyain keadaan, sembari mengobrol dgn petugas hotel dan beberapa tamu lainnya gue msh sibuk membalas pesan dari handset yg menghubungkan gue dgn dunia luar ini. Gue dan 2 org tamu hotel lainnya akhirnya duduk di teras dekat resepsionis dan memutuskan ga masuk ke kamar dulu, 1 org Prancis dan 1 org Italy ngobrol dgn 1 org Sulawesi yaitu gue. Dari obrolan ini akhirnya gue mendapat temen baru, si org Prancis yg saat memperkenalkan dirinya gue ga bisa ngeja namanya hingga gue tanyain sampe 4 kali dan dia dgn senang hati gue ajak jalan bareng, namanya Guillome (baca: Giyom). Doi taunya Indonesia ini cuman Bali, dan Bali itu cuman Kuta, jadi saat gue tanyain tempat-tempat wisata di Bali die cuman bisa bengong. Daripada bengong kesambet akhirnya kita pergi makan siang bareng, pulang istirahat ke kamar masing-masing untuk janjian ketemu sore nanti, dan pas sore nya kami beneran bertemu kembali di tempat yg sama setelah sukses dibangunkan oleh gempa susulan! Sial! Akhirnya kita sepakat untuk keluar jalan-jalan ke Kuta, klopun ada tsunami ya pasrah aja. Kuta di sore hari ramenya parah, ga seperti pagi tadi, kali ini byk banget kegiatan yg bisa diliat, dari yg belajar surfing, pijet2an, maen bola, tarik tambang, nonton pertunjukan musik alakadarnya, foto prewedding, dan lain-lain. Org-org disini seakan ga peduli dgn gempa 6.8 SR yg terjadi pagi tadi dan gempa susulan 5 SR yg barusan terjadi. Malam hari sekitar pukul 18.30 akhirnya Dios dan Dave tiba, senang bukan kepalang akhirnya mereka dtg juga, kami berempat pun (bersama Guillaume) nyari makan malam dan jalan kaki lumayan jauh hanya untuk sekedar cari makanan selain KFC atau McD.

Day 3
Petualangan dimulai hari ini, alih-alih sewa mobil, kami memang dari awal berniat menyewa motor, jauh lebih murah adalah salah satu pertimbangan awal yg berbuntut byk keuntungan mengendarai motor di Bali. Sewa motor seharian hanya 50rb, bensin full tank pun hanya 12rb, kami menyewa 2 motor dan jgn khawatir hampir di setiap sudut Bali banyak tempat yg menawarkan penyewaan motor.
Pemberhentian pertama kita adalah rumah keluarganya Dios di dekat rumah sakit Sanglah Denpasar, kita sempat juga disuguhi gado-gado, enak!
Berhubung kita akan menjelajahi daerah Uluwatu maka pemberhentian selanjutnya adalah Garuda Wishnu Kencana (GWK) yg memang akan di lewati, tiket per org 20rb untuk wisatawan lokal dan 50rb untuk wisatawan asing. Sepengetahuan kami di  GWK ada pertunjukan sendra tari pada pukul 18.00 tapi memang bener klo hoki ga kemana, ternyata pukul 13.00 pun ada pertunjukannya, jadilah kami setelah puas melihat dan berfoto di sekitar GWK langsung duduk manis di amphitheater menikmati pertunjukan tari, oh iya rata-rata klo ada pertunjukan tari pada akhir acara kita ditawarin untuk foto bareng ;)
Ga berlama-lama takut ketiduran kena angin sambil senderan di amphitheater, kita ngelanjutin nyari pantai Dreamland, sukses nanya-nanya ke beberapa org setempat ternyata Dreamland adanya di dalam area Pecatu Indah Resort, dan masuk kesinipun tas kita diperiksa sekuriti, dan yg paling oke sih ga dipungut biaya sama sekali. Pantainya udh agak komersil terbukti dgn byknya gerai-gerai makanan dan penjaja suvenir di sekitaran sini, tapi dibandingin dgn Kuta pantai ini jauh lebih menyenangkan, pasirnya kuning keemasan, pantainya bisa buat berenang, ombaknya cocok buat surfing dan lokasinya enak untuk berjemur, minusnya yah lumayan rame sih kecuali klo mau yg sepian jalan ke arah hati aku #eeaaaa,  klo mau yg sepian hrs jalan ke arah villa, begitu masuk pantai belok ke kiri.
Happy Faces @ Dreamland
Berhubung agenda masih panjang, kita ga lama di Dreamland, selanjutnya nyari Padang-padang Beach yg katanya sorga surfer, ga gitu jauh jg dari Dreamland yah kira-kira 10 menitan dgn jalanan yg naek turun, pintu masuknya ngelewatin tangga di celah karang, keren gerbangnya, begitu masuk area pantainya? Anti klimaks! Pantainya biasa aja dan pesisirnya ga cukup luas alhasil bule-bule bejemur deket2an udh kyk ikan pepes. Yg menarik disini ada semacem cottage berbentuk spt rumah Tarzan yg ngadep ke laut, romantis!
Waktu udh nunjukin pukul 17.00 ketika kita cabut dari Padang-padang, mo ngejar sunset dan pertunjukan tari kecak di Pura Uluwatu, dari Padang-padang hanya sekitar 10 menit juga, ongkos masuk motor hanya 3rb perak dan untuk Kecak show nya 70rb berlaku untuk wisatawan lokal maupun asing. Nonton kecak disini hukumnya wajib! Menikmati mistisnya tarian sambil liatin sunset dari tebing, sempet beberapa kali bikin bulu kuduk merinding!
Tari Kecak saat sunset di Pura Uluwatu
 Kecak show selesai sekitar pukul 19.00, yg berarti kita udh kemaleman utk pulang naek motor dari daerah Uluwatu, dinginnya angin malam terasa double dgn settingan pantai dari pagi yg kita kenakan, kaos tipis dan celana pendek! Big mistake!! Perut udh teriak-teriak minta diisi, dan kita berhasil melipir ke Jimbaran dlm wkt kurang lebih sejam, klo naek mobil bisa 2 jam berhubung macet parah. Persinggahan terakhir di Jimbaran ada temen yg rekom hrs mkn di Menega Cafe, dan ternyata bener makanannya enak, murah dan nasi bisa nambah sepuasnya. Seafood never taste that good after a long day!
Selanjutnya balik ke hotel, mandi, kena kasur, dan tidur lelap.

Day 4
Bangun pagi bingung mau kemana, kita tinggal di Poppys Lane 2 tapi belom pernah mampir ke monumen bom Legian, jadinya seabis mandi ngesot dikit udh nyampe ke monumen bom, aura berubah sedih begitu kita melihat byknya nama korban, terutama saat liat byk karangan bunga dgn foto dan kalimat-kalimat perpisahan, maklum tgl 12 Oktober kemaren adalah tanggal peringatan kejadian. Gak kebayang ramainya cafe, bar dan pub yg setiap malam kita lewatin pernah di dera bom maha dahsyat yg menewaskan ratusan orang. Selesai dari sini, kita ngelanjutin naek motor ke arah Nusa Dua, di jalan bypass Ngurah Rai siap-siap aja yg naek motor disambangi para penjaja water sports yg juga naek motor! Edan! Org lg naek motor di tawarin macem-macem dan ujung-ujungnya ngasih kartu nama, dan coba tebak ada berapa kartu nama yg gue dapet? 5 biji! Ampe bete ditawarinnya, dan semakin mengecilkan niat untuk pergi ke tempat water sports di Tanjung Benoa. Bahkan udh nyampe dalam Nusa Dua-pun ada yg msh keukeuh ngikutin kita pake motor, hadeuhhhh! Untungnya pas nyampe Nusa Dua disambut dgn pantai berwarna biru dan ijo toska, berhubung lg ada pembangunan hotel berbintang, pantai Nusa Dua yg terkenal ini agak sepi, satu poin bagus untuk kita leyeh-leyeh menghabiskan siang disini.

Blue Point
Selesai dari Nusa Dua, msh bingung mau kemana sampe akhirnya dapet info dari temen klo kita harus ke daerah Uluwatu lagi tepatnya di area Pantai Suluban Blue Point, kali ini gak pake nyasar dan nanya-nanya orang karna kemaren udh ke daerah ini. Begitu nyampe, takjub dgn keindahan alam disini! Cafe-cafe dan toko surfing sederhana berderet di sisi tebing jalan masuk, berasa kyk lagi di Yunani, dan ada byk spot yg dibangun khusus untuk nongkrong, jadi jgn khawatir harus masuk ke cafe, cafe disinipun rata-rata dikelola oleh org lokal.

Kita menghabiskan waktu cukup lama di pantai Suluban Blue Point ini, ketika jarum jam udh nunjukkin pukul 16.30 kita langsung cabut, ga mau kemalaman lagi di jalan dari Uluwatu, maunya ngejar sunset di Kuta tapi apa daya ga keburu dan udh laper duluan, melipirlah ke warung Nasi Pedas Bu Andhika yg udh di rekom oleh sejuta temen, lokasinya di Jl. Raya Kuta, persis di seberang Jogger. Yg ga demen pedes, jgn dicoba yak! Dijamin nangis kyk si bule :))

Day 5
Tujuan hari ini: Ubud!
Berhubung Ubud lumayan jauh, hari kelima kita nyewa mobil, sewanya pun relatif murah, untuk mobil Suzuki Karimun hanya 150rb/24 jam dan Toyota Avanza hanya 200rb/24 jam, kalo mau disupirin juga bisa, harganya sekitar 300rb/24 jam. Kita mutusin pake Avanza dan nyetir sendiri, isi bensin hanya 100rb dan ternyata setelah seharian keliling itu bensin sisanya masih banyak, iritnya ini mobil!
Tujuan pertama begitu nyampe Ubud adalah sawah bertingkat di Tegalalang, di sepanjang turunannya ada cafe-cafe mini untuk bersantai dan di saung di tengah sawahnya ada mbok-mbok yg jualan duren sama kelapa muda tp dgn harga yg fantastis, kelapa muda seharga 15rb hanya ada disini!
Puas berfoto, kita lanjut cari mkn siang di Bebek Bengil, restoran yg juga direkomendasikan beberapa teman, lain halnya dgn Bebek Bengil yg ada di Jakarta, yg di Ubud ini jauhhhh lebih enak! Seporsinya 82rb, cukup mahal tapi worth the taste dan porsinya gede secara bebeknya setengah ekor/porsi.

Gak jauh dari tempat makan ini, kira-kira 5 menit udah nyampe di Monkey Forest, tujuan wisata ini udah terkenal banget, di dalamnya ada pura dan ada buanyak banget monyet, masuk tempat ini was-was karna takut ada monyet yg loncat dan ngambil barang, jadi yg namanya kacamata, topi, dll mending di simpen dulu, berhubung mata gue minus jadi kacamata tetep dipake dgn strategi sambil jalan sambil megangin gagang kacamata --' Oh iya tiket masuk kesini 20rb.

Abis keliling tempat ini kita menuju ke Neka Gallery, museum seni lukisan khas Bali, lokasinya agak keatas dari Pasar Ubud, informasinya sih gratis tapi ternyata hrs byr 40rb, salah satu alasan kita kesini karena teman-teman seperjalanan saya ini pgn nyobain Nuri's ribs, makanan rusuk babi yg terkenal dan konon sangat enak dan terletak persis di seberang Neka Gallery. Mereka makan dan gue pun nongkrong baca buku di lobby Neka Gallery, babi nya belom mualaf jd msh haram! :p

Kenyang makan, saatnya mengantar Guillaume nyari tempat penginapan, kita ngedrop dia di dekat Pasar Ubud dan berpisah disitu, sedih juga kehilangan temen perjalanan beberapa hari belakangan ini, walopun baru kenal tapi merasa udh kyk teman lama, kita pun tertawa dan pamitan dgn "thanx to earthquake!".
Dalam perjalanan pulang ke arah Denpasar tadinya kita mo mampir di Goa Gajah, tapi berhubung sudah kesorean kita langsung balik ke kota, mampir lagi ke rumah keluarganya Dios, dan cerita pun berlanjut mencari oleh-oleh. Tempat oleh-oleh yg terkenal murah dan buka 24 jam adalah Krisna, yg berlokasi tidak jauh dari airport Ngurah Rai, kita pun ga pake nyasar karna udah beberapa kali melewati tempat ini, parkir mobil dan tadaaaa bayangin supermarket segede Carrefour tapi isinya oleh-oleh semua, dari cemilan, baju, ukiran, hingga lukisan komplit dijual disini. Selesai belanja kami pria-pria kesepian #halah kembali ke parkiran, tampak ada 4 Avanza silver yg terparkir rapih, kita pun ngenalin mobil kita dari kaca depan yg agak butek, pas masuk gue otomatis mengambil tas punggung abu-abu gue yg diletakkan di lantai bawah jok belakang, hati gue mencelos ketika meraba tempat itu kosong dan ga ada apa-apa disitu, gue teriak "tas gue ilang!!!", kekhawatiran gue dikonfirmasi oleh Dios yg ikutan teriak "tas gue juga ilang!!!", matiiii!! mampuss sudah! Kebayang kamera, bb, iPod, speaker, dan barang-barang berharga lainnya yg ada di dalam tas raib tanpa jejak. Dios udh hendak lari ke pos sekuriti ketika gue ngomong "tunggu dulu! ini mobil lampu dalamnya kan warna biru dan bentuknya bulat kok ini bentuknya kotak, udh gitu kok kacanya agak gelap??". "Ini bukan mobil kita!" ujar gue, dan kitapun berhamburan keluar menuju ke mobil sebelah sambil mengumpat dan tertawa-tawa, mobil sewaan kita ternyata berada pas di sebelah mobil itu, begitu masuk tas kita masih ada,semuanya masih lengkap dan akhirnya kita bisa bernapas lega. Muka pucat berubah jadi berseri karna ketawa ga brenti-brenti, ga abis pikir itu mobil bisa mirip banget dan kok bisa gak dikunci?? Olahraga jantung setelah seharian jalan emang ga ada duanya deh.
Setelah balik hotel, mandi & istirahat sebentar gue & Dave akhirnya mau nemenin Dios ketemu temen-temennya di Kudeta, Seminyak.

Day 6 - Last Day
Check out sekitar pukul 07.00 pagi, kita naek si burung biru ke airport, sekedar saran sebaiknya naek taxi ini berhubung taxi lainnya suka mematok harga tanpa argo sesuka udel mereka, taxi ke airport dari Legian ga nyampe 30rb. Selanjutnya nunggu flight pukul 09.30 utk balik ke ibukota yg kejam, udh kebayang kerjaan numpuk, tapi heyyy I had a great and superfun trip!

Tips:
  • Harga hotel dan sewa motor/mobil bisa ditawar dgn syarat-syarat tertentu misalnya lama tinggal atau lama penyewaan, semakin lama dipake bisa dikasih harga lebih murah, jgn pernah takut bertanya.
  • Menyewa motor selain lebih murah juga lebih praktis, disamping ga kena macet, ada beberapa ruas jalan yg verboden untuk kendaraan lainnya kecuali motor. Motor di Bali dapet privilege ga kyk di Jakarta ;)
  • Kalo mo belanja barang di kios-kios pinggiran, sebaiknya coba belanja saat pagi hari dimana tokonya baru buka, silahkan tawar segila mungkin, konon katanya pembeli pertama di pagi hari itu nentuin laku enggaknya jualan. Dan itu terbukti saat gue nawar stengah harga di beberapa tempat dan dikasih sama penjualnya ;)
  • Klo jalan sendirian dan pgn dapet temen jalan, perhatikan aja sekitarnya, klo kebetulan lagi di rumah makan, di lobi hotel atau di warnet, atau dimanapun selama kita ramah pasti bisa dapet temen, paling nggak senyum trus ajakin ngobrol basa basi. Asal jgn berlebihan senyumnya, ntar dikira mo "jualan" ato dikira org gila.
  • Di Bali toko-toko surfing bertebaran dimana-mana, ada kali tiap 10 meter, klo kebeneran mo nyari barang udh kemaleman dan tokonya udh keburu tutup, coba jalan lagi pasti ada toko yg sama yg masih buka. Klo udh tutup semua tandanya lo yg salah, ini bukan musim midnight sale! :p
  • Tourist Information bertebaran juga dimana-mana tapi susah nyari peta, kalopun ada peta-nya dijual, sebaiknya print peta sendiri klo mau hemat. Pengalaman kemarin kita dapet peta gratis karna kita pada pinter ngebujuk si penjaga konternya hehehe
Akhir kata, liburan gembel kali ini berjalan dgn sukses, byk cerita & amat sangat menyenangkan, misi menghitamkan kulit di Bali pun berhasil dgn sempurna :)