Minggu, 31 Juli 2011

memasuki bulan penuh berkah

Hai para pembaca iseng, assalamualaikum semua *lagi bener

Hari ini tgl 31 Juli 2011, semalam lagi memasuki bulan Agustus dalam penanggalan Masehi atau semalam lagi memasuki bulan Ramadhan dalam penanggalan Islam. Ga terasa setahun sudah berpisah dan sekarang bertemu lagi dengan bulan penuh berkah ini, lalu apa yang beda? Umur udh pasti beda. Lalu apa lagi? Agak susah gue mikir apalagi yg berbeda dari diri gue dibanding Ramadhan tahun lalu, kalo pertanyaannya diubah apa yg masih sama? Banyak! Dosa masih terus nambah, kelakuan masih gitu-gitu aja, kerjaan masih sama, lokasi tinggal masih sama, status masih sama, dan keluarga masih sama. Bersukur kah gue dengan tidak adanya perubahan-perubahan berarti selama setahun belakangan ini? YA! Gue sangat bersukur, terutama karena keluarga gue masih sama, papa masih ada, mama masih ada, kakak masih ada, kakak ipar masih ada, ponakan masih ada dan hey gue baru sadar ponakan gue nambah 1 orang lagi. Mau ga bersukur gimana lagi coba? Dibandingin temen-temen lain yg mungkin anggota keluarganya sudah berkurang, gue patut dan wajib bersukur, terlalu egois klo sampe gue ga bersukur. Dan bagi siapapun yg keluarganya udh ga lengkap, gue rasa tetep harus bersukur, gimana enggak kalian masih bisa bernapas, masih bisa makan, masih memiliki teman, masih bisa tersenyum, bahkan masih bisa berinternet dan membaca tulisan alakadarnya gue ini, sementara orang lain belum tentu bisa.

Perihal kerjaan, status, rejeki dan lain-lain yg belum byk berubah gue tetep bersukur walau dalam prosesnya slalu aja ada yg namanya "mengeluh" tapi bukannya tanpa mengeluh bersukur jadi kurang terasa artinya? :)

Kalo gue putar ke belakang ingatan ini, ternyata udah bertaon-taon gue memulai puasa sendirian dari jaman kuliah, keinginan untuk berkumpul bersama keluarga pada puasa hari pertama pun perlahan surut. Ya mo gimana lagi, dari kuliah dulu gue emang tinggal di kota yang berbeda dgn keluarga. Sekarang setelah bekerja gue bahkan berada lebih jauh dari rumah dan ini udh mo kali ke-4 gue puasa disini, jauh dari rumah, jauh dari keluarga dan jauh dari makana-makanan rumah yg selalu terasa paling enak dibandingin makanan restoran manapun! Barusan kakak ngirim foto ponakan laki-laki gue umur 3 tahun yg udh siap dgn peci dan baju koko merah, caption fotonya "tarwih perdana". Gue tersenyum.

Apa ini perasaan yg dirasakan bokap waktu pertama kali gue diajak sholat ke mesjid? Gue rasa perasaan bokap beratus-ratus kali lipat lebih bahagia dan senyumnya beribu-beribu kali lebih mengembang. Gue tiba-tiba ingat bokap dan nyokap, ingat senyuman mereka diantara lipatan-lipatan keriput diwajahnya, ingat betapa lebar senyum mereka saat menjemput gue di bandara, ingat senyum bahagia mereka ketika makan bersama, dan ingat senyum tertahan mereka ketika gue harus kembali kesini. Gue kangen rumah :'(

Bagi kalian yg tinggal bareng keluarga, rasanya kalian harus bersukur berkali-kali lipat. Seperti yg selalu nyokap bilang "jgn selalu melihat ke atas, sekali-sekali cobalah lihat ke bawah, dgn begitu kamu akan tau bahwa ga semuanya harus dimiliki dan kamu akan bersukur atas apa yg sudah kamu peroleh".

Gue kena sindrom malam pertama memasuki Ramadhan, gue tau dan kenal dekat dgn sindrom ini. Tinggal sendiri dan jauh dari rumah udh merupakan salah satu pilihan yg gue ambil dgn segala risiko dan konsekuensinya. Kangen itu manusiawi, coba klo lo udh ga pernah kangen akan sesuatu? Niscaya lo ga akan tau apa yg namanya galau! #hidupgalauers :)

Insya Allah bulan Ramadhan, bulan penuh berkah ini  sepertia biasanya akan memberikan berkah yang melimpah bagi kita semua, berkah yang terkadang kita ga sadar kita telah memperolehnya, dan berkah apa itu? Jangan tanya gue. Coba sadari dan maknai sendiri.

Selamat berpuasa bagi para pembaca iseng yg menjalankan, semoga puasanya kuat dan ibadah kita lebih baik dari taon kemaren. Amiiinnnnnn!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar